06 Januari 2014

Para pengalun nada-nada senja

Senja itu salah satu momen paling indah wujudnya. Walaupun sebenernya, sore itu pasti hadir setiap hari, tapi gak selamanya senja bisa hadir disetiap harinya. Dan bagi beberapa orang, termasuk aku, cara menikmati senja ialah dengan mendengarkan nada-nada senja yang setiap nadanya sangat mahal! Bukan mahal secara materi sih, mahal secara kualitas tepatnya. Dan, gak  semua musisi hebat, bisa menciptakan lagu yang enak untuk dikonsumsi saat senja hadir. Contoh nih, saat senja tiba, pas suasananya lagi syahdu-syahdunya, apalagi kalo anginnya sepoy-sepoy, duh itu saat yang paling enak buat kita duduk dipelataran halaman rumah sambil dengerin beberapa lagu, nah lagu ini yang bisa bikin senja kita makin indah atau malah bikin senja kita jad amburadul, hih!

Slank, siapa yang gak tahu sama band satu ini, mereka sudah jadi legenda di industri musik tanah air. Puluhan album sudah mereka ciptakan, tapi coba bandingin lagi sama senja tadi. Menurut kalian, cocok gak dengerin lagu-lagu slank saat menikmati syahdunya senja? Heleh, I miss you but i hate you, itu cocoknya didengerin kalo lagi berantem sama pacar kamu!

Nah, dari itulah, aku bikin postingan ini, sebagai bahan rekomendasi buat kalian penikmat syahdunya senja. Check this out!

1. Payung Teduh
Bagi sebagian orang yang seneng sama musik-musik indie, apalagi penggemar genre yang bisa bikin kamu terhanyut sama nada dan liriknya, nama Payung Teduh bukanlah nama yang asing. Yaps, Payung Teduh ialah kolaborasi dari empat sekawan yang bener-bener gila sama seni. Kalian bisa bayangin gimana rasanya dengerin jazz campur keroncong yang dikemas layaknya genre-genre yang tenar di tahun 90an? SYAHDU BANGET ! Dibeberapa lagunya, kamu bisa ngerasain kalo kamu sedang di kafe klasik yang pengunjungnya lagi pada berdansa, ajib gak tuh?
Terus, kamu suka lagu apa, Lang? Kalo aku sih hampir pada suka semua lagunya, tapi yang bener-bener bisa bikin aku ngerasa tenang sih, ini: Kita adalah sisa-sisa keikhlasan yang tak diikhlaskan, Biarkan, Diujung malam, Berdua saja, Resah dan Menuju senja.
Kamu pengen ngerasain mati suri? Coba dengerin lagu Berdua saja. Nada dan liriknya dijamin bakal bikin kamu ngerasa kalo kamu sudah tidak ada ada lagi di dunia! Wihh!
Buat yang penasaran, follow dulu aja twitternya, @Payungteduh. Rasakan, rasakan, RASAKAN!

2. Mocca
Kamu gak boleh dibilang gaul, kalo belum tahu band satu ini! Band ini salah satu band legendaris (di hati saya). Mocca salah satu band indie ternama yang jarang diekspos oleh media di Indonesia. Namanya sudah tenar bahkan sampai Negeri Paman Sam, wah! Kalo sebates Asia sih, do'i udah sering keliling-keliling. Korea Selatan, Malaysia, Singapore udah mereka jajal semua. Kok bisa sih? Kualitas! Yaps, kualitas mereka tak perlu dipertanyakan lagi. Karya-karya mereka sudah bener-bener berlabel go international. Si Arina, Rico, Tomma, dan Indra, adalah orang-orang dibalik nama besar Mocca. Untuk album, mereka sudah mengeluarkan banyak album, seingatku sih ada empat album, My diary, Friends, Ost. Untuk Rena, sama Colours. Mereka memang panutanku, idolaku, sampai inspirasiku dalam memilih selera bermusik.
Lagu-lagu mereka yang musti kalian denger, ini dia: My only one, Friends, The best thing, Swing it bob, Lucky me,Secret admirer, I love you anyway aaakk semuanya deh!
Liriknya, apalagi nadanya, huhh bakalan bisa bikin kamu melayang-layang, tsahhhh.Tapi serius, band ini memang bener-bener berkualitas. Hidup kamu bakal sia-sia kalo belum pernah dengerin lagu mereka.
Btw, jangan lupa follow twitter mereka, ya, @Moccaofficial. Terus follow juga para membernya, mereka pada baik kok, aku aja di followback bassistnya, hihihi.

3. White Shoes and The Couples Company
Jreng jreng jreng.. Ini dia sekumpulan peninggalan tahun 90an yang masih tersisa di era millenium ini hahaha. Bercanda kok bercanda, penampilan mereka memang sangat vintage sekalee, saya sampe kagum. Apalagi di album Vakansi'nya, bener-bener awesome hehehe. Selain kreatifitas mereka, ngebikin sesuatu yang beda dari yang lain, kualitas mereka juga tidak usah dipertanyakan lagi. Mereka sudah malang melintang ke berbagai negara untuk menggelar show mereka sendiri, wow. Kalau tidak salah, India yang baru-baru ini mereka sambangi setelah beberapa hari sebelumnya, mereka menyambangi kotaku untuk pertama kali, Palembang.
Alunan jazz classic yang mereka kemas menjadi sebuah suguhan mewah, cukup membuat saya terkesima kala mendengarkan lagu mereka untuk pertama kali. Adalah Kisah dari selatan Jakarta, Sabda alam, Kapiten dan gadis desa, Vakansi, Roman ketiga, Tjangkurileung dan Zamrud khatulistiwa, adalah beberapa karya mereka yang bener-bener bikin saya bangga, kalau di Indonesia, masih ada yang peduli dengan budayanya! Buktinya, dibeberapa lirik lagu mereka, terdapat kalimat penyeruan terselubung untuk terus mencintai dan menjaga tanah air ini. Bahkan salah satu album mereka, White shoes and the couples company menyanyikan lagu-lagu daerah, berisikan materi-materi lagu daerah yang mereka aransemen ulang, segan!
Follow twitternya untuk tahu lebih detail dengan mereka, @Wsatcc. Keep Indonesia, yow !

Honorable mentions:
- Sore band
- Endah n Resha
- TigaPagi

1 komentar: